Tips Merawat Aquascape Agar Tetap Indah

shares

https://www.gayahidup.net/2018/12/tips-merawat-aquascape-agar-tetap-indah.html
Image: Pinterest

Pastinya Anda akan bertanya, seperti apa perawatan aquascape? Dan bagaimana cara merawatnya?. Tentu pada dasarnya memang sama, entah itu aquascape maupun aquarium dan yang lainnya. Perawatan ini perlu dilakukan agar aquascape tetap terlihat indah.

Iya, aquascape yang indah memang dihasilkan dari kombinasi dan dekorasi setiap komponennya. Maka untuk itu Anda harus merawat sebuah karya seni tersebut. Tidak lain karena aquascape didalamnya terdiri dari tanaman, bebatuan dan yang lainnya, dimana memang perlu perawatan khusus.

Nah, apakah Anda termasuk orang yang suka merawat aquascape? Atau jangan-jangan Anda hanya membiarkannya begitu saja. Hmm... mungkin jika Anda belum mengetahui cara merawat aquascape, kali ini saya akan sedikit memberikan penjelasan tentang hal tersebut. Mari simak baik-baik.

Tips Merawat Aquascape Agar Tetap Indah


1. Pengisian Air

Sudah diketahui memang jika penguapan pada aquascape, terjadi karena adanya suhu yang cukup panas. Suhu tersebut diakibatkan oleh lampu serta kipas yang ada pada aquascape. Secara tidak sadar air yang ada pada aquarium menjadi berkurang, meskipun tidak begitu signifikan pengurangannya. Namun tentu hal ini jika dibiarkan, lambat laun akan menjadi sebuah masalah. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menambahkan air sekitar 5 liter kedalam aquarium.

2. Mengganti Air

Perawatan aquascape selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengganti air. Sebenarnya tidak ada aturan khusus untuk mengganti air ini. Namun Anda sebaiknya lakukan setiap 2 minggu sekali. Untuk takarannya cukup sekitar 30% dari debit air yang ada pada aquascape. Dan untuk tiap bulannya sekitar 50% sampai 70%. Penggantian air pastinya untuk tetap menjaga kebersihan aquascape.

Baca juga: Inilah Beberapa Tema Aquascape Yang Sering Diterapkan

3. Pemberian Pupuk

Dalam merawat sebuah aquascape pastinya Anda harus memberi pupuk. Pemberian pupuk ini bertujuan untuk mempercepat tanaman supaya bisa tumbuh dan berkembang. Dalam proses ini ada baiknya jika Anda melakukan secara rutin dan teratur. Di dunia aquascape biasanya pupuk yang digunakan itu adalah pupuk cair. Dan Anda bisa mendapatkannya ditoko-toko yang menyediakan komponen aquascape.

4. Merawat Sistem Filter

Didalam sebuah aquascape fungsi filter ini sangat bermanfaat. Selain untuk sirkulasi air, filter ini juga dapat membantu menjaga kualitas air agar tetap bersih. Maka dari itu kondisi filter harus benar-benar dijaga dengan baik. Bagaimana tidak, jika keadaan filter sudah sangat kotor maka aliran air tidak akan berjalan dengan baik. Tidak hanya itu mesin pompa pun akan menjadi cepat rusak.

5. Menjaga Kualitas Tanaman

Seperti yang sudah diketahui jika tanaman pada aquascape ini merupakan tanaman asli. Oleh karena itu tanaman-tanaman pada aquascape pastinya tumbuh dan berkembang. Semua hal itu tentu perlu perawatan agar tanaman dapat terjaga dengan baik. Untuk proses perawatan tanaman ini, Anda bisa melakukan trimming atau pemotongan secara rapih. Alat yang digunakan pun tidak boleh sembarangan, Anda harus menggunakan gunting yang bersih agar tidak merusak kesehatan tanaman tersebut.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar