Apa Keuntunganya Memilih Asuransi Syariah?

shares

Asuransi syariah adalah praktik keuangan yang dilakukan berdasarkan dengan hukum-hukum alam agama Islam sebagai dasar aturannya. Perbedaannya yang paling menonjol dibandingkan dengan asuransi konvensional adalah tidak adanya “bunga” yang diberikan kepada nasabah dari hasil memutar uang dengan cara yang bisa menimbulkan penderitaan bagi orang lain sehingga menjadi riba. Yang ada adalah sistem bagi hasil dari keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan asuransi dalam menjalankan bisnis dengan cara-cara yang selaras dengan hukum Islam. Lantas selain menjauhkan Anda dari perbuatan riba, apa saja sebenarnya keuntungan asuransi syariah yang lainnya?

Apa Keuntunganya Memilih Asuransi Syariah?

Menggunakan konsep sharing risk yang lebih adil

Asuransi syariah memiliki model usaha dengan konsep tolong menolong di mana dana dari premi yang Anda bayarkan nantinya akan digunakan untuk menolong nasabah lain jika terjadi risiko. Kemudian perusahaan juga menggunakan konsep berbagi risiko dan bukannya risk transfer yang dilakukan pada asuransi konvensional. Dengan demikian risiko yang terjadi bersama akan ditanggung bersama-sama pula oleh nasabah asuransi. Dalam hal ini perusahaan bertindak sebagai  pengelola dana dari nasabah asuransi dan bukannya perusahaan yang menggunakan dana dari nasabah untuk mendapatkan keuntungannya sendiri.

Peluang mendapatkan surplus underwriting

Surplus underwriting adalah kondisi ketika jumlah dana terbaru atau dana yang dikumpulkan dari seluruh nasabah asuransi syariah jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan jumlah klaim dalam periode satu tahun. Kelebihan dana ini kemudian akan dibagikan perusahaan kepada nasabah asuransi yang berhak mendapatkannya.

Instrumen investasi perusahaan tidak melanggar hukum Islam

Praktik yang dilakukan dalam mengelola usaha asuransi syariah adalah investasi yang dilakukan perusahaan tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang dilarang atau tabu di mata agama Islam. Misalnya digunakan untuk investasi di industri rokok, produksi minuman keras, untuk mendukung usaha-usaha klub malam, kredit konvensional yang menggunakan sistem bunga, dan bisnis-bisnis lain yang bertentangan dengan hukum Islam. Keuntungan dari investasi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi akan dibagikan kepada nasabah dalam bentuk mekanisme bagi hasil. Demikian adalah keuntungan memilih asuransi berbasis syariah.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar