Sedekah Online Rawan Penyalahgunaan? Perhatikan Hal Ini Agar Terhindar Penipuan

shares

Dunia digital yang semakin berkembang membawa dampak bagi masyarakat yaitu dengan menjadikannya sebagai gaya hidup masakini. Hal itu dikarenakan, dunia digital menawarkan berbagai kemudahan untuk memnuhi kebutuhan hidup seperti berbelanja melakukan berbagai transaksi sampai untuk memesan makanan pun sekarang bisa menggunakan online.

Sedekah Online Rawan Penyalahgunaan?  Perhatikan Hal Ini Agar Terhindar Penipuan

Saat ini untuk transkaksi onine menjadi salah satu gaya hidup baru di masyarakat. Dengan banyaknya aplikasi dan platform yang tersedia menjadi salah satu factor pendorong untuk melakukan transaksi secara online. Transaksi tersebut juga mencakup kegiatan donasi dan zakat online ataupun infaq online. Jika dulu untuk menyalurkan donasi dan zakat perlu datang langsung ke kantor penyalur dan  lembaga zakat, sekarang dengan adanya sistem online Anda bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja dengan proses mudah dan waktu yag singkat.

Walaupun donasi secara online dianggap lebih mudah dan juga cepat. Masyararakat beberapa waktu belakangan ini sedikit dilanda khawatir tentang ke amanahan donasi via online disebabkan adanya isu kasus penyelewengan yang dilakukan oleh seseorang bernama cak Budi , salah seorang penyelenggara donasi online. Walaupun kasus tersebut masih simpang siur , namun berhasil menimbulkan asumsi di masyrakat.

Agar lebih tenang untuk mendonasikan dana secara online, pilih yang sudah berkredibilitas baik dan resmi terdaftar. Berikut beberapa cara agar Anda bisa melakukan donasi online secara aman dan terhindar dari penipuan.
Simak ulasannya berikut ini,

Kenali Lembaga Yang Akan Dipilh Untuk Berdonasi

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk keamanan melakukan donasi secara online adalah memeriksa kerdibilitas dari lembaga yang sudah Anda pilih. Caranya bisa melalui searching di internet dan melihat profil dan latar belakang dari lembaga tersebut. Lembaga penyelenggara yang sudah berkredibilitas akan mengepost  beberapa program yang dimiliki serta banyak ulasan dan testimony tentang para donatur yang sudah membayarkan donasinya.

Lembaga donasi yang bisa dipercaya salah satu cirinya selain meng upload kegiatan dan program di internet, biasanya juga sangat transparan dengan data keuangan yang dimliki. Hal itu tujuannnya adalah untuk memberi kepercayaan kepada para donatur bahwa uang yang di donasikan di manfaatkan dengan baik dan tepat sasaran untuk penerimanya.

Jika lembaga penyelenggara donasi online yang Anda pilih sudah termasuk dalam kriteria tersebut, Anda bisa melakukan donasi dengan aman .

Pastikan Keamanan Situs Donasi Online Yang Anda Pilih

Sebelum melakukan donasi online Anda wajib untuk memeriksa keamanan situs yang menyediakan layanan donasi online. Karena situs yang ada di internet belum semuanya aman dan bisa terindikasi memilki spyware atau semacamnya yang bisa mencuri data-data pribadi Anda dan sangat merugikan.

Situs lembaga donasi online yang aman dikunjungi salah satu cirinya adalah Anda bisa melihat gembok berwarna hijau (green padlock) yang ada di bagian kontak url browser. Jika situs donasi online yang Anda pilih memunculkan ikon tersebut, dapat dipastikan situs yang Anda pilih dapat dikunjungi karena terjamin keamanannya.

Perhatikan Rekening Penghimpun Donasi

Untuk menjamin keamanan dalam donasi online. Periksa rekening yang tertera dilaman situs, lembaga donasi online yang terpercaya biasanya mencantumkan nomor rekening atas nama lembaga dan bisa di bayar melalui beberapa bank dan jasa pengiriman uang yang ada di Indonesia.

Jika situs yang Anda pilih mencamtumkan nomor rekening atas nama pribadi Anda perlu hati-hati karena kasus penyelewengan Cak Budi berawal dari hal tersebut. Di dalam kasus  Cak budi rekening yang dicantumkan di laman situs adalah nomor rekening atas nama istrinyadan hal ini menimbulkan polemic di masyarakat, ditambah lagi adanya data  yang tidak transparan menimbulkan kecurigaan bagi para donatur.

Untuk itu bagi Anda yang ingin berdonasi secara online. Pastikan metode pembayaran dapat diakses dengan mudah melalui beberapa bank nasional, agar jika terbukti ada penyalahgunaan dapat diproses secara hukum.


Cek Autentikasi dari Pembayaran di Situs Donasi Online

Pastikan autentikasi metode pembayaran dengan cara melihat sertifikasi beberapa  merchant terpercaya seperti Verified By Visa, Mastercard SecureCode dan American express . Jika di situs donasi online yang Anda pilih tercantum beberapa merchant tersebut maka dapat dipastikan transaksi Anda terjamin aman dan tidak perlu khawatir di salahgukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Waspadai Email Ajakan Donasi Online

Dengan banyaknya situs donasi online yang adapada saat ini Anda perlu waspada. Apalagi bila tiba-tiba ada email masuk ke akun Anda dan mengatasnamakan lembaga untuk menggalang dana sosial bencana alam atau yang lain sebagainya, namun berisi hyperlink. Anda perlu mencar di internet untuk mebuktikan kebenarannya agar terhindar dari penipuan.

Laporkan Jika Terjadi Hal yang Mencurigakan

Jika Anda merasa prosedur donasi online yang Anda pilih membingungkan dan  terdapat keganjilan ketiak Anda sudah mentransfer uang. Laporkan ke bank agar rekening Anda di blokir oleh pihak bank untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Tidak Perlu Takut Untuk Melakukan Donasi Online
Kemudahan donasi online merupakan pilihan  tepat bagi Anda memiliki jadwal padat karena bekerja dan kesibukan sehari-hari. Agar terhindar dari penipuan dan donasi Anda tepat sasaran , Anda harus memeriksa terlebih dahulu latar belakang lembaga organisasi dan transparansi program agar hati lebih tenang dan donasi aman.

Itulah tadi beberapa ulasan tentang beberapa cara agar terhindar dari penipuan donasi online. Semoga bermanfaat dan semangat donasi untuk kehidupan yang lebih baik.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar