Inilah Keunggulan Fitting Pipa Rucika Untuk Instalasi Pemipaan

shares

Sambungan pipa atau yang juga sering dikenal sebagai fitting memiliki peranan yang penting dalam sistem pemipaan. Komponen pemipaan ini dapat mengubah dan menyebarkan aliran. 

Komponen ini selalu digunakan dalam berbagai macam instalasi pemipaan. Dilihat dari bentuknya, fitting memiliki bentuk yang bermacam-macam. 

Inilah Keunggulan Fitting Pipa Rucika Untuk Instalasi Pemipaan

Fitting pipa biasanya juga diproduksi oleh pembuat pipa. Rucika yang merupakan salah satu produsen pipa kenamaan di Indonesia juga telah memproduksi berbagai macam sambungan pipa yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. 

Saat ini pipa plastik menjadi pilihan yang cukup banyak digunakan untuk sistem pemipaan pada bangunan seperti untuk menyalurkan air bersih dan mengalirkan limbah. 

Jenis pipa yang paling banyak digunakan di tanah air adalah pipa PVC. Selain multifungsi, pipa ini juga ditawarkan dengan harga yang terjangkau. 

Selain itu proses penyambungan pipa ini juga sangat mudah. Bahkan untuk merekatkan antar pipa dan fitting saja sudah bisa dilakukan dengan lem.

Rucika saat ini telah memproduksi beberapa jenis pipa plastik seperti pipa PVC, PVC-O, PPR, dan pipa PA untuk pipa gas. 

Bagi yang belum mengetahui penyambungannya, berikut ini adalah beberapa jenis penyambungan pipa plastik Rucika.

Solvent Cement

Teknik penyambungan ini juga sering disebut dengan Solvent Cement. Jenis penyambungan ini hanya bisa dilakukan untuk pipa tipe PVC. Cara ini sampai sekarang masih banyak dilakukan karena harganya yang sangat ekonomis. 

Mechanical Joint

Jenis penyambungan ini menggunakan fitting yang berulir atau memiliki baut untuk merekatkan antar sambungan pipa. 

Pada cara penyambungan ini, pipa pada sambungan dulu dengan fitting berulir kemudian disambungkan dengan pipa lain yang berulir. 

Teknik penyambungan ini dapat dilakukan untuk berbagai macam pipa dan dapat digunakan untuk menyambungkan 2 pipa yang berbeda.

Heat Fusion

Penyambungan pipa plastik ini menggunakan energi panas yang membuat pipa meleleh agar dapat direkatkan dengan pipa lain sehingga terjadi penyambungan senyawa. Heat fusion dapat dilakukan dengan 3 metode di antaranya adalah poly fusion, butt fusion, dan electro fusion. 

Rubber Ring Joint

Jenis penyambungan ini juga sama mudahnya dengan penyambungan pipa dengan lem. Menyambung pipa dengan rubber ring joint hanya mengandalkan cincin karet di socket pipa untuk merekatkan antar sambungan. 

Karet yang menjadi penyambung juga tidak perlu lem karena cukup dioles pelumas dari bahan air untuk memudahkan proses pemasangannya.

Rucika saat ini telah menghadirkan banyak pilihan fitting untuk memenuhi kebutuhan instalasi pemipaan untuk rumah maupun gedung bertingkat. 

Pilihan sambungan yang tersedia bahkan sudah mencapai ratusan jenis sehingga dapat memenuhi kebutuhan instalasi pemipaan untuk air bersih, air kotor, air hujan, hingga limbah cair. 

Fitting pipa dari rucika menawarkan sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk lainnya yaitu sebagai berikut :

Standar JIS

Produk Rucika tidak hanya telah memenuhi SNI tetapi juga sudah berstandar JIS (Japanese Industrial Standard) untuk menjamin kualitas dari setiap produk sambungan.

Tahan Terhadap Berbagai Bahan Kimia

Sambungan pipa dari Rucika dapat digunakan untuk aliran cairan dengan kondisi asam maupun basa.

Tahan Lama

Produk sambungan tersebut dapat bertahan selama bertahun-tahun tanpa berkarat dan tidak memerlukan perawatan dalam penggunaannya.

Dapat Didaur Ulang

Fitting tersebut terbuat dari bahan uPVC. Penggunaan bahan tersebut memungkinkan fitting ini dapat didaur ulang sehingga lebih ramah lingkungan.

Secara umum, fitting pipa dari Rucika dapat diaplikasikan untuk berbagai macam sistem aliran air baik air bersih maupun air buangan. Dengan harga yang terjangkau, Anda dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan instalasi pemipaan di rumah Anda.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar