Hal-hal yang Harus Diperhatikan Pengendara Mobil Agar Terhindar Dari Operasi Lalu Lintas

shares

Setiap pengendara kendaraan bermotor, termasuk pengendara mobil, tentu harus tertib dalam berkendara. Karena, ketika Anda tertib saat berkendara maka Anda bisa lebih aman saat berkendara di jalanan. Namun, tidak hanya itu, tertib berkendara juga bisa melindungi Anda dari operasi lalu lintas yang seringkali dilakukan polisi di jalanan. Untuk itu, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan seorang pengendera mobil agar terhindar dari operasi lalu lintas :

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Pengendara Mobil Agar Terhindar Dari Operasi Lalu Lintas

Standarisasi mobil

Mobil yang tidak standar seringkali menjadi alasan mengapa polisi menilang kendaraan Anda. Ketika kendaraan Anda berada dalam kondisi yang tidak standar mulai dari penggunaan kaca film yang terlalu gelap, penggunaan rotator, hingga warna cat mobil yang tidak sesuai dengan STNK, maka bersiaplah untuk terjaring dalam operasi lalu lintas.

Namun, ketika Anda telah menyadari bahwa mobil Anda tidaklah standar, maka mintalah surat tilang biru untuk memperingan hukuman dari petugas. Untuk itu, pastikan mobil Anda berada dalam kondisi yang standar dengan tidak terlalu banyak modifikasi yang dilarang dalam peraturan berlalu lintas.

Barang bawaan

Selain mobil yang standar, hal lainnya yang harus diperhatikan agar mobil Anda terhindar dari operasi lalu lintas yakni barang bawaan. Seringkali polisi merazia kendaraan bermobil karena barang bawaan yang tidak sesuai dengan peruntukkan mobilnya.

Ketika mobil Anda merupakan mobil penumpang seperti kijang kapsul, maka sebaiknya janganlah membawa barang terlalu penuh hingga terlihat seperti mobil pembawa barang. Sehingga, Anda dapat terhindar dari razia lalu lintas yang ada di jalanan.

Surat-surat penting

Berkendara tidak boleh sekedar membawa kendaraan saja. Namun, Anda juga harus membawa surat-surat yang secara sah dapat membuktikan bahwa Anda boleh berkendara dan juga memiliki kendaraan tersebut secara sah. Dua surat yang paling penting untuk dibawa antara lain Surat Izin Mengemudi dan Surat Tanda Nomor Kendaraan. Dengan membawa dua surat tersebut, maka Anda akan terhindar dari razia dan bisa berkendara secara aman dan nyaman.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar